Cara Backup ROM Xiaomi Via TWRP



Backup ROM adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan ketika ingin melakukan penggantian ROM, dikarenakan untuk menjaga kemungkinan terburuk yang biasa terjadi akibat kesalahan pengguna. Apalagi para penggun Xiaomi yang sangat aktif dalam meng utak-atik HPnya.

Backup ROM adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan ketika ingin melakukan penggantian ROM, dikarenakan untuk menjaga kemungkinan terburuk yang biasa terjadi akibat kesalahan pengguna. Apalagi para penggun Xiaomi yang sangat aktif dalam meng utak-atik HPnya.

Contohnya saja saat mengganti ROM MIUI ke Custom ROM AOSP misalnya, ketika melakukan Flashing lalu gagal dan kita tidak mem-Backup Full ROM MIUI tadi maka hasilnya blank. Kalian harus melakukan Flashing ulang dengan cara yang ribet.

Sebenarnya TWRP tidak hanya memberikan fasilitas untuk membackup ROM melainkan bisa juga melakukan Restore ROM, Backup Aplikasi, Root, Flashing, dll. Tergantung dari Developer TWRP itu sendiri. TWRP sendiri ada banyak jenis ada TWRP Cofface, TWRP ZCX, bahkan Stock TWRP Recovery Xiaomi kalian sendiri.

Sedangkan yang akan saya bahas di sini yaitu Backup ROM Menggunakan TWRP ZCX Untuk HP Xiaomi, namun mungkin saja cara ini juga berfungsi di semua jenis HP Android, tidak ada salahnya untuk kalian coba.

Cara Melakukan Backup ROM

  1. Pastikan kalian sudah memiliki TWRP ZCX yang terpasang di Xiaomi Kalian.
  2. Jika posisi sudah dalam menu TWRP selanjutnya klik tombol Backup.
  3. Disini akan muncul 3 menu yaitu menu Backup, Options dan Encryption .
  4. Sebelum melakukan backup yang pertama kita menuju menu Encryption. Disini jika kalian akan memberikan Password pada hasil Backup ROM kalian.
  5. Yang kedua pada menu Options. Disini silahkan centang "Enable Compression" untuk memperkecil ukuran dari hasil Backup kalian, dan centang juga "Skip MD5 generation during backup" untuk melewati proses verifikasi MD5 yang memakan waktu. Untuk pilihan ketiga tidak usah dicentang.
  6. Lanjut ada menu Backup silahkan klik Select Storage untuk memilih tempat penyimpanan Hasil Backup ROM kalian. Lalu klik Refresh Size untuk merefresh ukuran Media Penyimpanan.
  7. Dilanjutkan dengan Tuliskan Nama ROM biasanya itu Otomatis, tetapi jika kalian ingin menulis nama Backupan ROM sendiri silahkan kalian klik tulisan "(Auto Generate)"
  8. Disini yang paling penting, Silahkan Centang apa saja yang ingin kalian Backup. Saya rekomendasikan untuk mencentang semua pilihan dengan kata lain kalian akan melakukan Backup Full ROM.
  9. Selanjutnya geser ke kanan tombol berwarna biru bertuliskan "Swipe to Backup".
  10. Proses Backup ROM sedang berlangsung, silahkan menunggu kurang lebih 5 - 10 menit tergantung ada berapa banyak data dan aplikasi yang terinstall pada HP kalian.
  11. Jika proses Backup ROM berhasil, tampilannya kurang lebih seperti pada gambar berikut.
  12. Silahkan klik Reboot Phone. Untuk mengecek hasil backup silahkan cek pada Folder TWRP pada HP kalian.
  13. SELESAI.

Untuk melakukan Restore ROM caranya cukup mudah dan tidak jauh beda dengan melakukan Backup. Caranya sama dengan yang saya tulis diatas, namun pada cara no.2 kalian tinggal pilih Restore maka selanjutnya ikuti cara no.3 sampai selesai. jika bingung silahkan menuju postingan saya Cara Restore ROM Xiaomi Via TWRP.

Cara ini sudah saya uji di beberapa Perangkat Xiaomi saya seperti Redmi Note 4 Snap dan MTK, Redmi Note 3 Pro, dan Mi5s. Pastinya ini juga bisa untuk berbagai perangkat Android lain yang menggunakan TWRP ZCX.

Pendapat Kalian

Aturan Komentar : Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasa artikel. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
BERI KOMENTAR