Cara Mudah Unlock Bootloader Semua Perangkat Xiaomi

Unlock Bootloader adalah hal yang menurut saya harus dilakukan mengingat banyaknya Developer yang melakukan Porting ROM untuk HP Xiaomi, jika kalian adalah salah satu Opreker Xiaomi kalian pastinya akan melakukan hal ini karena untuk berpindah ROM HP Xiaomi kalian harus dalam keadaan Unlock Bootloader.

Unlock Bootloader adalah hal yang menurut saya harus dilakukan mengingat banyaknya Developer yang melakukan Porting ROM untuk HP Xiaomi, jika kalian adalah salah satu Opreker Xiaomi kalian pastinya akan melakukan hal ini karena untuk berpindah ROM HP Xiaomi kalian harus dalam keadaan Unlock Bootloader.

Untuk melakukan proses ini ada beberapa hal yang harus kalian ketahui yaitu, Unlock Bootloader tidak bisa dilakukan tanpa PC. Adapun kelebihan dan kekurangan apa saja yang kalian dapatkan ketika HP Xiaomi kalian sudah Unlock Bootloader.

#Kelebihan Unlock Bootloader

  1. Bisa Pasang TWRP
  2. Bisa Melakukan Root
  3. Bisa gonta-ganti ROM dengan mudah
  4. Bisa Pasang Tweak atau memodifikasi Sistem Android
  5. Intinya Bebas Melakukan Operasi Pada Sistem tanpa adanya batasan

#Kekurangan Unlock Bootloader

  1. Hilangnya Garansi
  2. Rentan terhadap Malware (katanya)
Menurut saya kekurangannya tidak begitu penting, apalagi untuk nomer 2 yang katanya rentan terhadap Malware, itu tergantung pemakaian kalian bagaimana menghindari Malware yang bertebaran di internet. Oke langsung saja ke intinya. Ada beberapa tahap yang harus kalian lewati untuk melakukan Unlock Bootloader Terbaru 2018.

#Persiapan Sebelum Unlock Bootloader

  1. HP XIAOMI beserta Kabel Datanya
  2. Komputer atau Laptop
  3. Koneksi Internet HP dan Komputer
  4. Aktifkan GPS pada HP. Pilih mode (High Accuracy)
  5. Akun MI (jika belum memiliki Akun MI silahkan registrasi terlebih dahulu) caranya bisa cek di SINI

#1. Melakukan Permohonan Unlock Bootloader

  1. Terlebih dahulu kunjungi en.miui.com/unlock/ lalu klik Unlock Now.
  2. Selanjutnya masukkan Alamat E-mail dan Password akun MI kalian dan klik tombol berwarna orange yang bertuliskan Sign in.
  3. Jika belum memiliki akun MI, silahkan registrasi terlebih dahulu, caranya bisa kalian lihat di SINI.
  4. Pada menu ini kalian akan memasukkan Nama ID kalian, dengan syarat tanpa spasi dan unik lebih bagus menggunakan kombinasi huruf dan angka. Misalnya saja contoh seperti pada gambar dibawah ini. Setelah itu klik tombol berwarna biru.
  5. Jika gagal akan muncul seperti di gambar. Itu berarti Nama ID kalian sudah ada yang menggunakan, silahkan coba Nama ID yang lain dengan mengklik link biru.
  6. Kalian akan di arahkan ke Forum MIUI, namun abaikan saja dan kembali ke halaman en.miui.com/unlock/ lalu klik Unlock Now.
  7. Nah pada menu ini kalian akan di arahkan untuk mengisi beberapa hal mulai dari Nama > Negara > No.HP dan Alasa kalian melakukan Unlock Bootloader. Untuk alasan melakukan Unlock Bootloader silahakan isi dengan kata My phone is bricked in bootloop mode, please approve my unlocking request to solve my problem dan jangan lupa juga untuk mengisi Konfirmasi Kode sesuai gambar di bawah ini lalu centang Konfirmasi dan klik Apply Now
  8. Cek handphone kalian untuk melihat SMS Kode Verifikasi, pastikan nomor handphone yang kalian daftarkan dalam keadaan aktif.
  9. Masukkan SMS Kode Verifikasi yang sudah kalian terima lalu klik Next.
  10. Selanjutnya permintaan kamu akan di review terlebih dahulu, biasanya kurang lebih 3 - 6 jam sudah ada SMS untuk melakukan Unlock Bootloader. bahkan ada yang 2 - 3 hari review lalu mendapatkan izin Unlock
  11. Jika kalian sudah mendapatkan SMS untuk melakukan Unlock Bootloader kurang lebih tampilannya seperti pada gambar dibawa. Selanjutnya lakukan Proses Unlock

#2. Proses Unlock Bootloader

  1. Pastikan kalian sudah menginstall USB ADB Driver dan Minimal ADB Fastboot. Caranya bisa di cek di SINI.
  2. Selanjutnya kalian aktifkan USB Debugging pada HP kalian. Caranya di SINI.
  3. Download dahulu MI Unlock Terbaru menggunakan akun MI yang sudah mendapatkan izin Unlock.
  4. Extract MI Unlock yang sudah kalian download lalu buka miflash_unlock.exe.
  5. Lanjut dengan Login menggunakan Akun MI kalian.
  6. Setelah semua siap, lanjut ke HP kalian. masuk ke menu Setelan > Setelan Tambahan > Opsi Pengembang.
  7. Aktifkan OEM Unlock lalu pilih Status MI Unlock. Selanjutnya klik pada bagian bawah Tambah Akun dan Perangkat akan muncul pesan "Berhasil ditambahkan", jika pesan ini tidak muncul coba klik kembali.
  8. dilanjutkan dengan masuk ke Fastboot Mode dengan cara matikan terlebih dahulu HP Xiaomi kalian, jika posisi HP sudah mati lanjut dengan menekan tombol Power dan Volume Down secara bersamaan kurang lebih 5 detik.
  9. Jika posisi HP sudah dalam Mode Fastboot selanjutnya koneksikan HP kalian dengan Komputer menggunakan USB Original.
  10. Kembali ke Komputer. Pada aplikasi MiFlashUnlock klik UNLOCK, namun jika tombol Unlock tidak bisa di klik berarti HP kalian belum konek ke Komputer.
  11. Ketika tombol Unlock sudah di klik maka Proses Unlock sedang berlangsung ditandai dengan berjalannya angka persentase pada Aplikasi. Jika kalian mengikuti semua prosedur yang saya tuliskan maka proses akan berjalan lancar hingga 100%.
  12. Jika Angka persentase sudah mencapai 100% di tandai dengan pesan yang bertuliskan "Device Unlocked Successfully", maka Proses Unlock dinyatakan BERHASIL. klik tombol Reboot Phone. Otomatis HP kalian akan melakukan Restart. Silahkan cabut kabel yang tersambung ke Komputer.
  13. Terakhir, Cek pada HP kalian melalui menu Setelan > Setelan Tambahan > Opsi Pengembang > Status MI Unlock. Jika pesannya "Perangkat Sudah Terbuka" maka semua proses SELESAI.

Nah itu dia Cara Mudah Unlock Bootloader Semua Perangkat Xiaomi. Cara ini sudah saya terpakan di beberapa Perangkat dari seri Redmi dan MI. Jika kalian menemukan kesulitan dalam melakukan cara diatas bahkan gagal, silahkan kunjungi link berikut Beberapa Penyebab Gagal Unlock Bootloader Xiaomi, atau silahkan tuliskan masalah kalian di kolom komentar.

Tambahkan Komentar

Aturan Komentar :
Jika ingin membalas komentar menggunakan smartphone, klik tombol refresh di bawah ini terlebih dahulu.
BUKA KOMENTAR