Cara Membuat Bootable USB Windows Menggunakan Power ISO



Dulu di tahun 2000an, untuk melakukan Installasi Windows atau pun Linux pastinya menggunakan CD atau DVD Drive sebagai media untuk installasi.

Semakin berkembangnya teknologi setiap tahunnya, cara ini sudah mulai ditinggalkan. Penggunaan CD dan DVD drive kebnyakan di pergunakan untuk media penyimpanan ebook atau multimedia saja.

Bahkan saya sendiri sudah tidak menggunakan DVD Drive di laptop saya. Saya lepas, dan gantikan untuk menambah kapasitas Hardisk. Lumayan buat koleksi Film anu. hahaha

Lalu apa yang di gunakan kebanyakan orang saat ini untuk membuat Bootable Windows dan linux, sedangkan penggunaan CD dan DVD sudah di tinggalkan ?

Disinilah peran Flashdisk menjadi penting. Tidak hanya sebagai media penyimpanan data seperti musik, gambar, video dan file dokumen saja, Tetapi juga di pergunakan sebagai media untuk membuat Bootable Windows dan Linux.

Lalu bagaimana cara mebuat Bootable tersebut ?

Weits... Sabar... Sabar... Untuk melakukan hal itu juga ada ketentuan atau persyaratannya.

Apa Syarat dan ketentuan agar bisa membuat Bootable menggunakan Flashdisk ? berikut penjelasannya.

Syarat dan Ketentuan Pembuatan Bootable USB

1. Menggunakan Flashdisk Ukuran Minimal 4GB

Kenapa harus minimal 4GB ?

Karena, rata-rata kapasitas Sistem Operasi (OS) Windows berukuran minimal 3GB, jadi dibutuhkan flashdisk berukuran lebih besar dari itu untuk membuat bootablenya.

Berbeda dengan Sistem Operasi (OS) yang digunakan Linux. Rata-rata kapasitasnya hanya membutuhkan kapasitas minimal 500MB saja. Karena pada dasarnya OS Linux memang ringan.

Jadi untuk OS Linux kalian bisa menggunakan Flashdisk berukuran 2GB untuk membuat bootable.

2. Memerlukan Aplikasi Power ISO Untuk Membuat Bootable

Sebenarnya Ada banyak sekali aplikasi yang bisa di gunakan untuk membuat bootable usb. Namun pada artikel ini saya hanya akan membahas mengenai Cara Membuat Bootable Windows Dengan Power ISO.

3. Memerlukan File ISO Windows atau Linux

File ISO itu Apa ?

Merupakan sebuah format file yang mampu menampung data dalam bentuk CD dan DVD yang di kemas dalam bentuk digital.

Wah malah makin bingung.

Jadi, Singkatnya itu, versi softwarenya itu adalah file ISO. Versi Hardwarenya itu adalah kepingan CD dan DVD. File ISO ini adalah kepingan CD atau DVD virutual yang bisa di jalankan menggunakan Software di dalam komputer.

Biasanya kan CD atau DVD dimasukkan ke dalam DVD Drive untuk membaca isi file di dalamnya. Nah ini file ISO menggunakan Aplikasi untuk membaca isi file.

Ahhh intinya seperti itulah. Harus ngerti.

Itulah persyaratan yang harus dipenuhi untuk membuat sebuah bootable.

Cuma 3 itu ?

Lu mau berapa biar puas ?

Iya cuma memerlukan 3 syarat di atas untuk proses pembuatan bootable windows pada artikel kali ini.

Krena mungkin penjelasannya sduah terlalu berbelit-belit, langsung saja ke topik permasalahnya saja. Yaitu

Cara Membuat Bootable Menggunakan Power ISO

Seperti yang saya jelaskan di atas, untuk membuat sebuah bootable, kalian harus membutuhkan 3 hal diatas dan saya anggap kalian sudah memenuhinya. Dan cara ini bisa kalian lakukan pada komputer atau laptop yang menggunakan Windows 10, Windows 8, dan Windows 7.

Langkah - Langkah

  1. Colokkan Flashdisk ke Laptop atau Komputer kalian.
  2. Format atau kosongkan isi Flashdisk terlebih dahulu.
  3. Jika kalian belum memiliki aplikasi Power ISO, silahkan unduh terlebih dahulu, dan lakukan penginstallan seperti biasa.
  4. Setelah aplikasi Power ISO di install, buka dalam mode Administrator dengan cara klik kanan aplikasi lalu pilih Run as administrator.
  5. Setelah aplikasi terbuka, lanjut dengan mengklik Tools > Create Bootable USB Drive. Maka akan muncul jendela settingan Bootable.
  6. Pada bagian Source Image File, silahkan klik icon folder yang berada di sudut kanan atas. Cari file ISO Windows yang ingin kalian buat Bootable.

    Pada bagian Destination USB Drive, silahkan pilih Flashdisk kalian.

    Dan pada bagian Write Method, silahkan pilih USB - HDD

    Terakhir klik tombol Start lalu klik lagi tombol OK untuk memulai proses pembuatan Bootable.
  7. Proses pembuatan bootable usb sedang berlangsung, tunggu kurang lebih 10 menit hingga proses selesai.
  8. Flashdisk sudah bisa digunakan untuk melakukan Install Windows pada laptop dan komputer.
Sampai di sini kalian sudah bisa menggunakan flashdisk menjadi bootable untuk bisa di gunakan menginstall Windows kalian.
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
BERI KOMENTAR