Mengenal HTTP HTTPS dan Warung SSL Sebagai Penyedia SSL Certificate Terbaik di Indonesia

Website atau blog yang menggunakan layanan SSL akan menampilkan url dengan awalan https yang membuat blog atau web menjadi lebih aman. Warung SSL adalah salah satu penyedia layanan SSL Certificate terpercaya hingga saat ini. Mari kita bahas lebih jauh.

Di Indonesi kian banyak penyedia layanan SSL yang berlomba - lomba untuk menyediakan layanan terbaik dalam hal keamanan sebuah situs Web. Salah satunya adalah Warung SSL.

WarungSSL sendiri, hanya berfokus pada layanan SSL Sertificate saja, tidak pada layanan lain seperti Web Hosting, Registrasi Domain, dan lain sebagainya.

Berfokus hanya pada SSL Certificate Saja.

Sebelum jauh membahas mengenai Warung SSL Sebagai Penyedia SSL Certificate Terbaik di Indonesia, yang pertama yang akan saya bahas adalah mengenai SSL itu sendiri. Mungkin dari beberapa pembaca artikel di blog ini masih belum mengerti tentang apa itu SSL dan fungsinya dalam sebuah Situs Web.

Bagi seorang Developer Web tentunya sudah tau pasti mengenai SSL itu sendiri, tapi tujuan saya mengangkat materi mengenai SSL ini agar mengingatkan kembali tentang pentingnya peran SSL untuk keamanan sebuah Website.

Karena salah satu hal penting dalam membangun sebuah website adalah Keamanan Data, maka dari itu diperlukan yang namanya SSL untuk menjaga keamanan data dari sebuah Website.

Mengenal Apa itu SSL

Jika sudah membahas mengenai SSL pastinya jangkauannya akan sangat luas, namun di sini saya akan mempersingkat penjelasannya, agar mudah untuk kalian pahami.

Lalu, apa itu SSL ?

SSL (Secure Socket Layer) adalah sebuah standar teknologi yang digunakan untuk melakukan enkripsi terhadap webserver dengan client agar informasi sensitif yang dimiliki oleh client seperti data kartu kredit, username dan password yang di kirim atau di transmisikan melalui jaringan dapat terjaga kerahasiaannya.

Namun perlu diketahui SSL bukanlah satu - satunya protokol keamanan suatu Website. Pada tahun 1999 SSL di gantikan dengan TLS (Transport Layer Security) yang di ketahui memiliki keamanan yang lebih tinggi karena TLS merupakan penerus dari SSL.

Salah satu perkembangan TLS yaitu memiliki fitur baru dan mendukung algoritma baru jika dibandingkan dengan SSL. Namun karena nama SSL lebih dikenal publik, kebanyakan orang menyebut TLS tetap dengan nama SSL.

Lalu, bagaimana mengetahui Website yang menggunakan SSL ?

Mudahnya, bisa kalian lihat pada alamat website yang kalian kunjungi. Jika website yang kalian kunjungi menggunakan url yang di awali dengan HTTPS:// dan memiliki ikon gembok, maka sudah di pastikan bahwa website tersebut menggunakan SSL/TLS sebagai protokol keamanannya.

Sebaliknya,

Jika website yang kalian kunjungi menggunakan url yang di awali dengan HTTP:// dan tidak memiliki ikon gembok, maka sudah di pastikan bahwa website tersebut tidak aman untuk di kunjungi.

Untuk lebih jelasnya dapat kalian lihat pada gambar di bawah ini.
Image Source "idnxmus.com"
Karena sudah menyinggung tentang HTTP dan HTTPS, saya akan mengulas sedikit tentang HTTP HTTPS.

Apa itu HTTP dan HTTPS ?

HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah protokol yang mengatur komunikasi antara client dan server. Client yang di maksud di sini adalah Web Browser atau media lain yang mampu mengakses dan menampilkan konten Web tersebut.

Sedangkan,

HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) adalah protokol yang mengatur komunikasi antara client dan server secara aman.
Jadi, HTTP dan HTTPS itu sama - sama protokol pengatur komunikasi, namun pada HTTP, komunikasi antara client dan server tidak memiliki keamanan, karena informasi yang terkirim dari client ke server tidak ter-enkripsi. Sedangkan pada HTTPS, informasi yang terkirim ke server sudah di enkripsi dan dapat dipastikan informasi yang terkirim ke server dapat terjaga kerahasiaannya.

Apa saja perbedaan HTTP dan HTTPS ?

1. Keamanan Data
Dari segi keamanan data, HTTP tidak bisa menjamin keamanan informasi yang berlangsung melalui komunikasi client dan server. Sedangkan pada HTTPS keamanan data dapat terjamin karena adanya implementasi dari SSL (Secure Socket Layer).

2. Port yang digunakan
Port yang digunakan pada HTTP adalah port 80. Sedangkan pada HTTPS menggunakan port 443.

3. Penampilan pada Web Browser
Seperti yang tadi saya jelaskan di atas, salah satu pembeda antara HTTP dan HTTPS adalah ikon gembok. HTTP tidak menampilkan ikon gembok pada sebelah kiri adress bar browser, sebaliknya HTTPS memiliki ikon gembok di sebelah kiri adress bar browser.
Perbedaan HTTP dengan HTTPS dapat di bedakan menurut gambar ilustrasi berikut ini.
Image Source "idnxmus.com"

Cara Kerja SSL

Untuk penjelasan detailnya, saya akan mengambil ilustrasi saat mengakses webseite yang menggunakan SSL, contohnya https://www.warungssl.com.

  1. Saat proses awal, di sini kalian akan melakukan login ke situs https://www.warungssl.com.
  2. Kalian diminta menginput Username dan Password. Misalnya saja Username : fulan21 dan Password : kepobanget69.
  3. Username dan Password tersebut akan dikirim melalui Server.
  4. Peran SSL di sini akan berjalan, Username dan Password yang dikirim ke server akan di Enkripsi menjadi sebuah tulisan acak. Username : xHf1#l$4A dan Password : 3a%55B*#9.
  5. Selanjutnya, ketika Username dan Password tersebut tiba di Server, akan dilakukan Dekripsi untuk menguraikan kembali kode acak tadi menjadi sebuah data yang valid.
  6. Setelah server mengecek data dan disetujui, Server kembali mengirim data ke Client dengan proses yang sama yaitu Enkripsi dan Dekripsi.
  7. Selanjutnya, kalian bisa mengakses akun kalian di Web Warung SSL.
Kurang lebih ilustrasinya seperti itu. Masih kurang mengerti ? Baik, saya uraikan lagi melalui gambar di bawah ini.
Image Source "idnxmus.com"

Apa itu SSL Certificate

SSL Certificate di sini merupakan tanda pengenal atau lisensi dari sebuah Web yang menggunakan SSL.

Informasi SSL Certificate pada sebuah web dapat kalian lihat melalui browser dengan mengklik ikon gembok pada adress bar browser, lalu pilih Certificate. Maka akan di tampilkan informasi dari Certificate SSL yang digunakan.

Informasi tersebut meliputi :
  • Nama pemegang sertifikat
  • Nomor seri dan tanggal validasi sertifikat
  • Pemilik perusahaan, Negara, dan Serial Number
  • Tanda tangan digital SSL Certificate

SSL Certificate sendiri terbagi menjadi 3 tingkatan

1. Extended Validation SSL (EV)

SSL Certificate jenis EV ini merupakan jenis SSL yang paling tinggi dan hanya bisa digunakan untuk perusahaan saja. dengan menggunakan SSL jenis ini akan membuat tampilan adress bar dari browser pengunjung akan berwarna hijau dengan menampilkan nama perusahaan. Ini membuat pengunjung akan semakin yakin dengan keseriusan Website kalian.

Tampilan adress bar browser akan nampak seperti berikut.

2. Organization Validation SSL (OV)

SSL Certificate jenis OV ini merupakan jenis SSL yang bisa dibilang menengah. Salah satu keuntungan dengan memilih sertifikat SSL dengan jenis ini adalah mendapatkan jaminan keamanan dan Trust yang mumpuni. Selain itu jenis validasi ini banyak menawarkan pilihan produk sertifikat SSL unggulan yang laris di pasaran industri SSL Certificate.

Tampilan adress bar browser akan nampak seperti berikut.

3. Domain Validation SSL (DV)

SSL Certificate jenis DV ini merupakan jenis SSL yang standar namun memiliki keamanan yang sama dengan jenis SSL yang lain, hanya saja pada SSL jenis ini memungkinkan kalian mendapatkannya dengan proses yang mudah. Tidak seperti ke dua jenis SSL di atas yang membutuhkan dokumen - dokumen tertentu untuk mengaktifkannya.

Tampilan adress bar browsernya sama saja dengan jenis OV.

Kenapa Harus Menggunakan SSL ?

Sudah sangat jelas bahwa fungsi utama dari sebuah SSL adalah soal keamanan data. Itulah kenapa sebaiknya kalian berlaih dari koneksi yang tidak aman (HTTP) ke koneksi yang aman (HTTPS). Karena jaminan keamanan dari SSL tentunya akan sangat membantu dalam perkembangan Website yang kalian kelolah.

Beberapa bulan yang lalu Google Security melalui blog resminya mengumumkan bahwa semua Developer yang mengelolah sebuah Website sudah diharuskan menggunakan HTTPS. Jika tidak, website yang kalian kelolah akan ditandai sebagai situs yang tidak aman untuk di kunjungi. Kalian bisa melihat artikelnya di sini Security Google Blog.

Tidak hanya itu, menerapkan HTTPS pada Web atau Blog kalian tentunya sangat berdampak baik, karena kelebihan menggunakan SSL tidak hanya mengamankan data.

Kelebihan Menggunakan SSL

1. Memberikan Perlindungan Keamanan
Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa SSL berfungsi melindungi data pengguna saat sedang mengakses website. Data pengguna yang di maksud di sini adalah data sensitif seperti kartu kredit, paypal, username dan password.

2. Membangun Kepercayaan Pengunjung
Pengunjung tentunya akan lebih yakin membaca informasi yang tertulis di dalam sebuah web jika melihat URL menggunakan HTTPS. Karena pengunjung sudah tau bahwa website yang di kunjunginya menggunakan sistem keamanan yang terjamin. Dilihat dari ikon gembok yang tampil pada adress bar browser.

3. Meningkatkan Nilai SEO
Nah, ini yang juga sangat penting bagi developer web. HTTPS sungguh sangat berpengaruh dengan SEO, terbukti di setiap penelusuran google, yang muncul di halaman pertama mesin pencarian google pastinya didominasi dengan web yang menggunakan HTTPS.
Tidak hanya memiliki kelebihan, ternyata SSL juga punya kekurangan.

Kekurangan Menggunakan SSL

1. Biaya Tambahan
Saya tidak mengatakan SSL mahal. Hanya saja jika ingin menerapkan SSL pada Website kalian, tentunya dibutuhkan biaya tambahan tergantung dari jenis SSL yang akan kalian gunakan.

2. Dukungan Browser
Ini mungkin tidak patut untuk di sebut sebuah kekurangan. Karena browser untuk saat ini sudah mendukung HTTPS, kecuali jika browser yang kalian gunakan adalah versi lawas.

3. Pengunjung Web Menurun Derastis
Jika sebelumnya Website yang kalian kelola menggunakan HTTP. Sudah dipastikan pengunjung kalian akan menurun dikarenakan peralihan HTTP ke HTTPS. Untuk mengembalikan hal itu, lakukan submit ulang sitemap melalui google webmaster.

Namun jika kalian baru akan memulai membuat sebuah Website sebaiknya terapkan penggunaan HTTPS untuk menghindari resiko penurunan pengunjung suatu hari nanti.

Penyedia SSL Certificate Terbaik

Di indonesia tentunya ada banyak penyedia layanan SSL Certificate yang bertebaran, namun di sini saya akan merekomendasikan Warung SSL sebagai Penyedia SSL Certificate Terbaik di Indonesia.

Kenapa ?

Tentu ada alasannya, kenalan dulu yuk dengan Warung SSL.

Mengenal Warung SSL

Warung SSL merupakan penyedia layanan SSL Certificate yang dimiliki dan dikembangkan oleh PT. Manggala Cipta Indonesia. Warung SSL juga merupakan Global Platinum Partner dari Otoritas Sertifikasi (CA) terkemuka di dunia termasuk, Symantec, GeoTrust, Thawte, RapidSSL, dan juga Comodo.

Warung SSL hanya berfokus kepada penyediaan layanan SSL Certificate dan Pembaharuan Certificate SSL saja. Tidak menyediakan layanan lain seperti penyediaan Web Hosting, Web Desain, Registrasi atau Perpanjangan Domain, dan penyediaan layanan digital lainnya. Itulah kenapa Warung SSL menjadi salah satu penyedia SSL Certificate terbaik di indonesia.

Semua Sertifikat keamanan digital yang di tawarkan oleh Warung SSL sama persis dengan apa yang ditawarkan langsung oleh Otoritas Sertifikasi (CA), yang membedakan hanyalah harga SSL yang tawarkan.

Warung SSL menawarkan harga SSL murah dan jauh lebih terjangkau dibandingkan membeli langsung melalui pihak Otoritas Sertifikasi. itu disebabkan karena Warung SSL membeli SSL dalam jumlah besar untuk mendapatkan diskon khusus dan kerjasama ini telah terjalin dalam jangka panjang. Jadi, tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan jasa dari Warung SSL.

Kenapa Harus Menggunakan Jasa Warung SSL ?

1. Layanan Service Kapan Saja
Warung SSL memiliki Team yang berpengalaman dalam hal teknis, yang pastinya akan memandu kalian dalam membeli maupun melakukan instalasi dengan mudah. Warung SSL dapat membantu setiap kebutuhan SSL kalian dalam waktu 24/7 melalui layanan live chat, email, maupun telepon.

2. Banyak Pilihan Produk
Kalian memiliki banyak pilihan produk yang sesuai keinginan kalian, karena Warung SSL merupakan Global Platinum Partner dari banyak Otoritas Sertifikasi (CA) terpercaya seperti,
  • Penyedia SSL Certificate dari Symantec
  • Penyedia SSL Certificate dari Comodo
  • Penyedia SSL Certificate dari Geotrust
  • Penyedia SSL Certificate dari Certum
  • Penyedia SSL Certificate dari Thawte
  • Penyedia SSL Certificate dari Entrust
  • Penyedia SSL Certificate dari RapidSSL
  • Penyedia SSL Certificate dari Digicert

3. Mengutamakan Harga, Harga dan Harga
Harga yang di tawarkan Warung SSL tidak main - main, mereka berani memangkas harga semaksimal mungkin demi menarik konsumen untuk berdatangan, tentunya dengan kualitas yang sangat baik pula. Jika kalian mendapat tawaran untuk harga SSL Certificate yang lebih rendah dari apa yang ditawarkan Warung SSL, mereka akan mencocokan atau mengalahkan harga tersebut.

Oleh karena itu dari kombinasi yang sangat baik dengan Gold-Level Support dan keahlian yang dimiliki para TIM Support, tidak ada alasan lagi mencari ke tempat lain untuk beli SSL Certificate.

4. Jaminan 30 Hari Uang Kembali
Warung SSL mengutamankan kenyamanan pelanggan, salah satu yang menjadi nilai lebih dari mekanisme yang di terapkan Warung SSL adalah Jaminan Uang Kembali. Tidak seperti penyedia layanan SSL Ceritificate lain, Warung SSL berani menjamin uang anda kembali jika terjadi hal yang tidak di inginkan dengan SSL Certificate yang dipesan melalui jasanya, garansi bukan berlaku hanya 15 hari, melainkan jaminan 30 hari uang kembali. Ini merupakan perkembangan yang sangat baik bagi penyedia SSL Indonesia.

5. Keamanan dan Kenyamanan Pembayaran
Dalam hal keamanan pembayaran, Warung SSL sudah sangat memenuhi syarat untuk melakukan transaksi elektronik. Karena terbukti keamanan pembayaran yang disediakan telah di akui dunia dan telah memenuhi Payment Card Industry Data Security Standard (PCI-DSS). Sehingga kalian tidak perlu khawatir untuk melakukan pembayaran dengan Warung SSL.

Adapun pilihan pembayaran yang dapat kalian gunakan yaitu :
  • Bank Transfer
    Kalian dapat melakukan pembayaran melalui Bank Transfer dengan sangat mudah. Pembayaran dapat melalui rekening Bank Mandiri, Bank BCA, Bank BNI, Permata Bank, dan Maybank.
  • Paypal
    Kalian juga dapat dengan mudah melakukan pembayaran di setiap pembelian SSL Certificate melalui akun Paypal kalian.
  • Kartu Kredit
    Untuk memudahkan pelanggan, Warung SSL juga menyediakan pembayaran melalui Credit Card.
Saya rasa kalian sudah tau kenapa harus memilih Warung SSL sebagai penyedia layanan SSL Certificate terbaik saat ini.

Bagaimana Menjadi Reseller di Warung SSL

Untuk memperluas jangkauan marketing, Warung SSL juga membuka untuk siapa saja yang ingin menjadi mitra dalam hal SSL Certifcate ini.

Kalian tidak hanya beli SSL dari Warung SSL, kalian juga bisa jual SSL Certifcate dengan sangat mudah melalui jasa kemitraan yang di tawarkan Warung SSL.

Untuk bisa menjadi mitra bisnis dari Warung SSL, kalian bisa menghubungi Tim WarungSSL indonesia melalui data kontak di bawah ini.

Alamat Lengkap dan Kontak Warung SSL

Warung SSL Indonesia (PT. Manggala Cipta Indonesia) beralamatkan di :

Epicentrum Walk South 5th Fl. 529 A
Jalan HR. Rasuna Said, Kuningan,
Jakarta Selatan, 12940, Indonesia

Untuk lebih jelasnya dapat kalian lihat melalui Google Maps di bawah ini.



Kalian bisa langsung menghubungi kantor Warung SSL melalui :

Telpon : (021) 2943 1228
Fax : (021) 2943 1229

atau melalui Costumer Support :

Telpon : (021) 2904 1500
Email Support : cs@WarungSSL.com

Kesimpulan

Dari penjelasan artikel yang lumayan panjang ini, dapat di ambil beberapa kesimpulan bahwa :

  1. HTTP + SSL = HTTPS.
  2. SSL juga dikenal dengan nama TLS.
  3. HTTP tidak menjamin keamanan data, sedangkan HTTPS dapat menjamin keamanan data.
  4. SSL bekerja dengan proses Enkripsi dan Dekripsi
  5. SSL Certificate merupakan lisensi atau tanda pengenal dari pembelian jasa keamanan SSL
  6. Warung SSL merupakan penyedia layanan SSL Certificate terbaik di indonesia

Nah, semoga dengan ini kalian bisa mengerti dan lebih paham lagi mengenai HTTP HTTPS, dan SSL lebih mendalam. Jangan lupa kritik dan saran kalaian tentang artikel saya ini. Terimakasih
Cuma anak kemarin sore. Email kerjasama ke idnxmus@gmail.com

Tambahkan Komentar

Aturan Komentar :
Centang "Beritahu Saya" atau "Notify Me" untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar via Email.
Gunakan tag HTML < em > untuk menuliskan potongan code atau URL. Contoh : < em >isi pesan< /em >
BUKA KOMENTAR