Cara Bermain Game PS1 di Android Menggunakan Aplikasi ePSXe

Pengen main game PS1 tapi gak punya consolenya? tenang, kini kalian sudah bisa bermain game PS1 di Android dengan lancar hanya menggunakan aplikasi ePSXe.

Saya adalah salah satu yang sangat setuju kalau game console PS1 adalah game legendaris yang menyimpan banyak sekali kenangan indah. Anak generasi 90-an pasti sudah tidak asing lagi dengan game console ini.

Saking legendnya, hingga saat ini PS1 masih sangat banyak peminat. Saya sendiri masih main game console PS1 ini. Yah, walaupun consolenya udah gak banyak dijual, apalagi CD gamenya, mungkin udah gak ada yang jual sama sekali.

Tapi tenang, sesuai judul dari artikel ini, PS1 masih bisa kalian nikmati kok melalui Android. Jadi gak perlu khawatir gak bisa main game legend.

Kalo main game PS1 tuh jujur aja, nostalgia banget lah. Salah satu game favorit saya adalah Harvestmoon Back to Nature. Game yang gak pernah ngebosenin saat di mainkan. Kalian sendiri pasti punya game favorit di PS1 kan.

Nah untuk memainkan game favorit kalian, saya kenalin nih Aplikasi ePSXe. Sebuah aplikasi yang biasa di sebut Emulator. Dengan aplikasi ini, kalian bisa memainkan game PS1 dengan lancar, bahkan dari segi grafik bisa di bilang lebih jernih di bandingkan dengan main di game console.

Untuk menginstall aplikasi ini, kalian bisa mengunduhnya melalui playstore dengan nama ePSXe. Namun kalian harus mengeluarkan uang kurang lebih Rp.50.000,- untuk bisa mengunduhnya karena aplikasi ini berbayar.

Namun di sini saya akan memberikan tutorial menginstall ePSXe tanpa melalui playstore untuk yang terkendala biaya.

Cara Bermain Game PS1 di Android

Untuk bisa menikmati game console ini di android, kalian membutuhkan bahan-bahan pendukung agar bisa berjalan baik di HP masing-masing.

1. Bahan-Bahan Pendukung

  1. Unduh file ePSXe berikut ini ePSXe 2.0.8 launch. File ini sudah saya kemas dalam 1 folder dengan nama ePSXe 2.0.8 by (idnxmus.com). Di dalamnya ada beberapa folder termasuk file Bios, plugin, dan Iso.
  2. Unduh aplikasi rar berikut ini. Karena file ePSXe saya kemas dalam file .rar, jadi kalian harus meng-ekstrak file tersebut menggunakan aplikasi rar.
    RAR Last Update RARLAB

Nah untuk bahan pendukung itu saja, sebenarnya ada banyak tapi saya sudah kemas semua ke dalam file ePSXe tadi termasuk dengan bonus game harvestmoon di dalamnya.

Setelah bahan siap, kita lanjut ke prosesnya saja.

2. Cara Install Aplikasi ePSXe di Android

  1. Tahap awal, install dulu aplikasi winrar yang sudah di download tadi.
  2. Jalankan Aplikasi WinRAR dan cari File dengan nama ePSXe 2.0.8 by (idnxmus.com) yang telah kalian download tadi. Biasanya ada pada Folder Download pada memory internal. Centang file tersebut lalu klik tombol Extract pada menu bar di bagian atas.
  3. Selanjutnya pada menu ini, klik tombol Jelajah di bagian sudut kanan atas. Untuk menentukan letak File hasil Extract nantinya.
  4. Keluar dari Folder Download dengan meng-klik Folder Atas satu level seperti pada gambar, lalu Klik OK. Intinya hasil Extract File ePSXe ini di simpan di memory internal (Tidak dalam folder). klik OK lagi untuk memulai proses Extract.
  5. Agar lebih jelas tempat File hasil Extract tadi akan tersimpan di sini. Cek gambar di berikut ini.
  6. Buka Folder ePSXe hasil Extract tadi, di dalamnya ada aplikasi (APK) ePSXe yang harus di install. Install terlebih dahulu file APK tersebut.
  7. Jika proses install aplikasi telah selesai. Selanjutnya mari kita setting aplikasinya.

3. Cara Setting Emulator ePSXe

Perlu pengaturan aplikasi agar permainan bisa berjalan dengan maksimal di HP masing-masing. Buka aplikasi ePSXe, lalu pilih Pengaturan (Preferences) dan lakukan setting sesuai tabel berikut ini.

EPSXE SETTINGS

ePSXe Preferences
BIOS PREFERENCES Bios File scph1001.bin
Simulated Bios Autodetect
CPU PREFERENCES CPU Frameskip Enabled
Show FPS Show
Set Custom FPS Auto
MME Enable Autodetect
PSX CPU Overclock 1x(accurate)
SCREEN PREFERENCES Screen Orientation Landscape
Screen Ratio Strecth
Screen Color Depth 32 (better mdec)
Top/Bottom Black Bands Real PSX bands
VR Modes Disable
VIDEO PREFERENCES Video Render OpenGL Plugin (smoother)
GPU PLUGIN PREFERENCES Gpu Plugin libeopenglpluginv16.so
Plugin Reduce Internal Resolution Full Resolution
Plugin Texture Mode VirtualTexture AutoDetect
Plugin Threading Mode 2-Threads + most effect (slowest)
GPU COMMON PREFERENCES Plugin Subpixel Precision Disable (faster)
PSX Dithering Enabled (smoother)
Scanlines Disable
DMA Chain Core Enabled always (slower+more accurate)
SOUND PREFERENCES Sound Quality Full Sound Effect (slow)
Sound Latency Normal
INPUT PREFERENCES Sound Quality Full Sound Effect (slow)
Sound Latency Normal
MEMCARD PREFERENCES Memcard File Mode shared by all games
Memcard1 File default
Memcard2 File default
Enable Memcards Enable all memcards
Memcards to Dropbox Up/Download memcards to dropbox
Savestates to Dropbox Up/Download states to dropbox
MISC PREFERENCES Game Browser Mode Game Details
Auto Save on Exit Yes
Show PSX Logo Yes
UI Language English
Menu Mode Dialog on Android 5.0+
DEBUG PREFERENCES CPU Interpreter Disabled

INPUT PREFERENCES

INPUT PREFERENCES
PLAYER 1 Pad Type PSX Digital (Only)
Select Gamepad None
Vibration Mode Enable
PLAYER 2 Pad Type PSX Digital (Only)
Select Gamepad None
Vibration Mode Enable
TOUCHSCREEN GAMEPAD Dinamic DPAD/LStick Disable
Dinamic Action Button Disable
Pad Skin Landscape Turquoise Crystal - Digital
Pad Skin Potrait Turquoise Crystal - Digital
Hide/Show Touch Buttons Show Buttons
Transparency On Skin 60/100
Buttons Magnifying On Press 110
Vibration On Touchscreen Buttons Enabled
Pad Skin File /sdcard/skin.png
GAMEPAD OPTIONS Autodetect Gamepads on the Fly Enabled
Gamepads/Joystick Filter Enable
Enable Blues Disable
Bluez Profile iCade HID

Setting sesuai table di atas, jika ada yang tidak masuk dalam tabel berarti settingan tersebut default.

Catatan :
Settingan di atas merupakan settingan yang sudah saya terapkan pada HP saya dan berjalan dengan lancar. Jika pada HP kalian terasa sedikit lambat atau tersendat, ubah settingan pada bagian Screen Color Depth : 16 (smoothes), Plugin Threading Mode : 2-Thread, PSX Dithering : Disable (faster).

4. Cara Menggunakan ePSXe

  1. Keluar dari menu Preferences dan kembali ke menu awal.
  2. Pilih Run Bios, maka Bios akan berproses, tunggu proses ini hingga selesai, lalu tekan tombol Kembali pada HP kalian untuk keluar dari Mode Bios dan kembali lagi ke menu awal.

    Proses ini hanya dilakukan sekali di awal setelah melakukan setting aplikasi, tujuannya untuk meload atau membaca Bios. Fungsi lain bisa kamu gunakan ketika Memory Card kamu dalam kondisi penuh dan akan kamu hapus.
  3. Selanjutnya pilih Run Game. Secara otomatis akan mencari Game yang terdapat di dalam HP kamu. Setelah proses pencarian selesai, silahkan pilih dan jalankan Game yang muncul. Di sini saya sudah menyediakan game Harvestmoon Back to Nature.
  4. Jika daftar Game tidak muncul kamu harus melakukan pencarian game secara manual dengan klik icon autorenew (refresh) di bagian atas kanan layar.
  5. Sampai di tahap ini kamu sudah bisa bermain Game PS1 di Android. Berikut ini gambar saat saya mainkan game favorit saya yaitu hmbtn.

5. Cara Download Game PS1

  1. Silahkan menuju google dengan mengetik "Download Nama_Game ePSXe ISO". "Nama_Game" silahkan kamu ganti dengan nama game yang kamu cari sebagai contoh "Download Metal Slug X ePSXe ISO".
  2. Selanjutnya akan muncul beberapa pilihan situs, saya sarankan untuk memilih situs terpercaya seperti emuparadise.me, coolrom.com, freeroms.com, romsmania.com, dan masih banyak lagi situs penyedia ROM atau Game terpercaya lainnya.
  3. Di sini yang akan saya contohkan menggunakan situs coolrom.com karena ini merupakan situs yang paling aktif saat ini.
  4. Setelah masuk ke situs coolrom, selanjutnya scroll ke bawah dan klik tombol Download Now dan tunggu proses unduhan hingga selesai.
  5. Jika proses download telah selesai, extract File Game tadi menggunakan aplikasi RAR. Caranya sama dengan di atas namun hasil Extract ini di simpan di Folder Memory internal - ePSXe - isos.
  6. Buka Aplikasi ePSXe lalu klik Run Game. Selanjutnya jika Game yang sudah di Extract tadi tidak muncul dalam daftar, lakukan Scan ulang dengan meng-klik icon autorenew (refresh) di bagian knan atas layar.
  7. Selamat Bermain.

Proses ini mungkin sedikit sulit dan panjang, namun jika dibaca dengan seksama pasti akan mudah dimengerti. Jika masih bingung dengan penjelasan di atas, tanyakan di kolom komentar yah.

Cuma anak kemarin sore. Email kerjasama ke idnxmus@gmail.com

Ada 2 Caci Maki

Aturan Komentar :
Centang "Beritahu Saya" atau "Notify Me" untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar via Email.
Gunakan tag HTML < em > untuk menuliskan potongan code atau URL. Contoh : < em >isi pesan< /em >
BUKA KOMENTAR