Cara Blokir SMS Penipuan dan Spam di HP Android

Blokir SMS Penipuan

Teknologi yang semakin canggih ternyata juga berpengaruh dengan semakin maraknya penipuan yang mengatas namakan pihak tertentu. Baik itu melalui SMS, Chat, bahkan via Iklan di media sosial.

Salah satu yang paling sering di temukan yaitu SMS Spam atau SMS Penipuan menggunakan nomor baru yang secara berturut turut masuk lewat SMS dan sangat mengganggu.

Anda pasti pernah mengalami, saat sedang enak-enaknya main Game, tiba-tiba ada SMS masuk dari nomor yang tidak di kenal, yang ternyata cuma nawarin produk atau hadiah uang gratis.

Sama, saya pun juga pernah. Bukan pernah, tapi malah sering. Contoh SMS spam dan SMS Penipuan yang biasa saya terima itu seperti gambar di bawah ini.

Cara Blokir SMS Penipuan
Kumpulan SMS spam dan penipuan yang harus di blokir.

Lihat kan, ada berbagai macam iming-imingan yang bisa di bilang masuk akal dan banyak juga yang kena tipu melalui trik ini.

Baca Juga : 5 Tips Ampuh Lindungi Akun Instagram.

Tapi, sekarang anda tidak perlu khawatir, di sini idnxmus akan berikan tips dan tutorial memblokir SMS yang mengganggu itu dengan sangat mudah. Berikut caranya.

Cara Blokir SMS Penipuan dan Spam

Ada banyak cara yang bisa di lakukan untuk memblock SMS spam dan penipuan di android. Namun berikut ini yang paling mudah dan ampuh yang bisa anda coba.

1. Blokir SMS Penipuan dengan Aplikasi Key Messages

Aplikasi ini yang menurut saya paling rekomended untuk di gunakan, karena ada banyak fitur bermanfaat yang bisa membantu Anda memblock SMS yang mengganggu.

Sebelum ketahap tutorialnya, download dan install aplikasi Key Messages melalui playstore atau bisa langsung melalui kotak unduhan di bawah ini.

Key Messages
Block Text, SMS & MMS, Spam Blocker - Key Messages Last Update Key Messages

Jalankan aplikasi key messages dan ikuti instruksi di bawah ini.

Langkah 1 : berikan izin aplikasi untuk mengakses SMS, Telepon, dan Kontak.

Cara Blokir SMS Penipuan Spam

Langkah 2 : Jadikan aplikasi Key Messages sebagai aplikasi SMS Default di HP anda.

Cara Blokir SMS Penipuan Spam di Android

Langkah 3 : Tampilkan pengaturan notifikasi atau pemberitahuan jika ada SMS Spam atau SMS Penipuan yang masuk dan di blokir. Silahkan pilih sesuai selera anda. Saya sendiri memilih opsi ke 2, untuk menerima notifikasi terkait pemblokiran SMS hanya pada jam 9 malam saja.

Cara Blokir SMS Penipuan

Tahap ini bisa kembali anda atur melalui menu Settings di aplikasi.

Langkah 4 : Akan tampil daftar SMS masuk yang pengirimnya akan anda blokir. Silahkan pilih nomor yang ingin anda blokir dan tekan tombol Semua Selesai atau anda bisa lewati tahap ini jika tidak ingin memblokir pengirim SMS tersebut dengan mengklik Lewati.

Cara Blokir SMS Spam

Langkah 5 : Sekarang, anda sudah masuk di tampilan utama aplikasi Key Messages. Saatnya mengatur untuk memblok SMS Penipuan. Silahkan masuk ke menu Settings lalu pilih Blokir dan izinkan akses.

Cara Blokir SMS Spam yang Mengganggu

Langkah 6 : Pada menu ini, silahkan klik tombol plus (+) berwarna biru lalu pilih, ingin memblokir SMS dengan cara apa. Di sini, ada 4 opsi yang ditawarkan. Saya menyarankan untuk memilih opsi yang ke 3, yaitu Blokir SMS berdasarkan konten.

Cara Blokir SMS Penipuan yang Mengganggu

Langkah 7 : Masukkan kata kunci/keyword yang muncul di dalam SMS Spam/SMS Penipuan yang biasanya anda terima. Pada contoh kali ini saya memasukkan kata "Mama minta pulsa" lalu klik tombol Tambahkan ke Daftar Blokir.

Cara Blokir SMS Spam Terbaru

Langkah 8 : Ulangi langkah di atas untuk menambahkan banyak kata kunci yang ingin anda blokir.

Cara Blokir SMS Spam Paling Ampuh

Hingga tahap ini, anda sudah berhasil memblokir SMS spam dan penipuan. Tapi, anda harus tetap teliti dalam menuliskan kata kunci karena bisa saja ada SMS penting yang mengandung kata kunci yang anda blokir tadi.

Untuk melihat SMS masuk yang di blokir, anda bisa membukanya di menu Spam dan Blocked. Dan untuk mengatur notifikasi SMS yang di blokir, anda bisa membukanya di menu Settings » Blokir Pemberitahuan.

2. Blokir SMS Penipuan di HP Xiaomi (MIUI)

Anda pengguna HP Xiaomi? Kalau iya, cara yang di atas tidak perlu anda jalankan. Cukup melalui aplikasi bawaan Xiaomi anda sudah bisa mem-blokir SMS Spam dan SMS Penipuan.

Caranya ikuti langkah berikut ini.

Langkah 1 : Buka aplikasi Security, atau dalam bahasa indonesia Keamanan dan pilih Blocklist atau Daftar Blokir.

Cara Blokir SMS Penipuan di Xiaomi

Langkah 2 : Pada menu blocklist ini, selanjutnya klik icon gear di sudut kanan atas dan pilih SMS Blocklist atau Daftar Blokir SMS.

Cara Blokir SMS Spam di Xiaomi

Langkah 3 : Klik Keyword Blocklist atau Kata Kunci Daftar Blokir. Pada menu kata kunci ini klik tanda plus (+) untuk memasukkan dan menambahkan kata kunci yang biasanya terkandung dalam isi SMS Penipuan atau Spam.

Cara Blokir SMS Mengganggu di Xiaomi

Langkah 4 : Tambahkan berbagai macam kata kunci sesuai keinginan anda, atau bisa ikuti kata kunci yang saya tuliskan pada gambar di bawah ini.

Cara Blokir SMS Spam dan Penipuan di Xiaomi

Hingga tahap ini, anda sudah berhasil memblokir SMS spam dan penipuan. Tapi, sekali lagi anda harus tetap teliti dalam menuliskan kata kunci karena bisa saja ada SMS penting yang mengandung kata kunci yang anda blokir tadi.

Nah sekarang HP Xiaomi anda sudah terbebas dari SMS yang mengganggu.

Beberapa waktu yang lalu, saya juga melihat postingan instagram berupa gambar dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) seperti berikut ini.

Cara Blokir SMS Penipuan

Jika anda merasa risih dan merasa terganggu dengan SMS Spam dan SMS Penipuan itu, silahkan laporkan melalui layanan FCC OJK di 1-500-655 atau kirimkan Screen Capture SMS tersebut ke alamat email konsumen@ojk.go.id.

Dengan melaporkan SMS tersebut, anda sudah sangat membantu menghindarkan orang lain dari penipuan.

Kesimpulan

Ada banyak cara untuk melakukan tindak penipuan mengatas namakan pihak lain, salah satunya dengan mengirim SMS secara random ke nomor HP secara acak. Namun sudah banyak juga pengguna yang mengerti dan mengabaikan hal ini.

Sebaiknya jika ada yang menawarkan hadiah berupa Uang, Pulsa, dan lain sebagainya melalui SMS, Chat, atau bahkan lewat Telepon. Lebih baik jangan di turuti, karena sudah jelas itu adalah Penipuan.

Di dunia ini, tidak ada yang di dapatkan secara instan dan cuma-cuma. Semua butuh Proses, Usaha dan Doa.